Kenapa Motor R15 Saya Cepat Panas - Ini Cara Mengatasinya

Halo sob gimana kabar kalian, Mudah-mudahan selalu diberi kesehatan ya.. Kali ini mau ngebahas mengenai permasalahan pada mesin motor yamaha R15 yang cepat panas. 

Sebenarnya hal yang wajar kalau mesin panas ketika dikendarai, yang tidak wajar jika mesinnya dingin. Kalau mau mesinnya dingin ya didorong aja hehehe.. Becanda gaes.. 

Namun jika berbicara mengenai mesin yamaha, memang benar sob mesin yamaha khusus nya R15 itu relatif lebih cepat panas, hal tersebut dikarenakan kompresi yang cukup tinggi pada ruang bakarnya.

Dengan kompresi 11,6:1 membuat tekanan dalam ruang bakar itu menjadi sangat sesak, bayangin aja sob ruang bakar dengan luas 11,6 mm di kompresi menjadi hanya 1mm tentu saja sangat tinggi sekali tekanannya, jika dibandingkan dengan motor bebek yang standarnya hanya 9:1.

Dengan kompresi yang begitu tinggi tentu saja motor R15 disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan 95 keatas. Hal ini untuk mencegah bahan bakar meledak sebelum mencapai titik maksimal kompresi nya yang akan berpengaruh terhadap kesehatan mesin. 

Pertanyaan

Banyak yang mengeluh sob mengenai hal ini, Motor saya kenapa cepat panas ya bang? Motor saya kenapa panas banget, padahal baru dipakai sebentar? Beberapa pertanyaan-pertanyaan seperti sering mimin dengar sob. 

Analisa

Sampai disini seharusnya temen-temen sudah mengerti mengenai kenapa yamaha R15 cepat penas, setelah mimin kasih tau tadi di atas sob mengenai kompresi mesin R15 yang sangat tinggi. Dengan kompresi tersebut akan membuat mesin menjadi lebih gesit sob, sruntal sruntul enak banget buat salip-salip. 

Efek negatifnya dengan kompresi setinggi itu membuat mesin cepat panas, namun jangan khawatir sob, dengan teknologi sensor yang disematkan di mesin R15 jikalau memang mesin terlalu panas maka kipas radiator akan menyala untuk membantu mendinginkan oli agar lebih optimal menjaga suhu ideal mesin. Dikarenakan sob kalau mesin dengan suhu ideal akan membuat pembakaran menjadi lebih sempurna hingga motor akan lebih cepat melaju. 

Ada beberapa permasalahan terkait pertanyaan yang muncul diatas, kenapa mesin motor saya cepat panas padahal baru dipake sebentar? 

Ada beberapa hal yang harus dicek sob jika memang demikian. 

Pertanyaannya Kenapa baru dipakai sebentar mesin R15 cepat panas? 

Jawabannya: Kalimat "dipakai sebentar" Ini sangat relatif banget sob, apakah maksudnya dipake sebentar buat ngebut, atau dipake sebentar jalan santai. Jika dipake sebentar tapi ngebut ya wajar saja sob mesin cepat panas, dengan catatan kipas radiator tidak menyala, jika dipakai ngebut sebentar tapi kipas radiator langsung menyala berarti ada masalah terkait dengan sensornya.

Sewajarnya kipas radiator akan menyala jika penggunaan motor dalam kondisi ekstrim, seperti perjalanan tanpa henti lebih dari 1 jam, terjebak macet hingga berjam-jam dan kondisi jalan menanjak yang berulang-ulang. 

Kemudian jika dipakai jalan sebentar mesin panas ada beberapa hal yang harus di cek.

=> pertama yang harus dicek adalah oli mesin, kapan terakhir kali mesin r15 kalian diganti oli nya sob, jika sudah sebulan atau 2 bulan sebaiknya segera di ganti. 

Terkadang jenis oli yang kita pakai itu juga berpengaruh loh, oli motor yang kita gunakan itu serasa kita minum obat sob, cocok-cocokan. Mesin R15 cocok dengan oli merk B namun mesin R15 lainnya belum tentu cocok. Jika temen-temen menggunakan R15 untuk perjalanan sehari-hari saran saya menggunakan oli dengan spesifikasi 15W-40 namun jika motor jarang dipakai bisa menggunakan oli dengan spesifikasi 10W-40.

=> Kedua temen-temen bisa cek kondisi air radiator, jika kondisi air radiator sama sekali tidak terlihat dalam penampungnya, sudah dipastikan mesin akan cepat panas sob karena sirkulasinya menjadi sangat berkurang. Sebaiknya temen-temen segera melakukan penambahan air radiator atau menguras mengganti air radiator dengan yang baru. Saran mimin sih mendingan ditambahkan aja sob. 

Kemudian untuk pertanyaan mesin dipakai sebentar jalan santai tapi cepat panas, hal ini bisa terjadi dikarenakan debit oli yang tersisa  terlalu sedikit atau air radiator yang mau abis. Sebaiknya periksa 2 hal ini untuk memutuskan apakah oli mesin mesti diganti atau air radiator yang harus di tambahin. 

Mungkin sampai disini saja pembahasan kita mengapa mesin yamaha R15 cepat panas, semoga analisa kami bisa membantumu ya. Jika ada pertanyaan lain jangan sungkan untuk menuliskan di kolom komentar. 

No comments for "Kenapa Motor R15 Saya Cepat Panas - Ini Cara Mengatasinya"